Site Overlay

Kategori dan Jenis Tali Spring Kapal

Penahan dan pengikat kapal di dermaga memang membutuhkan sebuah alat bantu berupa sistem penambatan atau dikenal dengan spring rope. Dalam sistem ini akan digunakan tali spring kapal sesuai dengan jenis kapal yang bersandar. Saat ini sudah banyak sekali ukuran dan jenis tali tambat yang bisa digunakan.

Jika pada umumnya hanyalah tali berbahan manila, saat ini semakin berkembangnya teknologi jenis tali tambat kapal semakin beragam bahannya. Mengingat kapasitas gentakan, beban kapal dan juga breaking load dari semua jenis tali penambat kapal ini memiliki kekuatan yang berbeda-beda. Dibawah ini adalah jenis tali spring yang pada umumnya dipakai sebagai penambat kapal di dermaga.

Jenis-Jenis Tali Spring Kapal

Tali Nylon

Tali spring kapal yang juga sering dipakai pada sebuah dermaga adalah jenis tali nylon. Karena tali ini memiliki ketahanan yang tinggi dari gesekan dan gentakan. Pemakaian tali jenis nylon ini memang dimaksimalkan pada dermaga yang sering kedatangan kapal dalam ukuran besar. Berdasarkan fungsinya, jenis tali nylon sangat unggul dan tahan lama dari pengaruh cuaca.

Tali Monofilament PP

Jenis tali monofilament pp juga sangat ideal dipakai sebagai spring kapal. Selain murah dan ekonomis, tali ini dianggap memiliki keunggulan lebih tahan dari interaksi bahan kimia. Kapasitas tali yang tidak menyerap air sangat menguntungkan dermaga karena tidak berat saat dipakai sebagai penambat kapal. Jenis kapal yang sering memakai tali ini adalah kapal, kapasitas kecil hingga sedang. Memiliki berat yang sama baik dalam kondisi basah maupun kering.

Tali Multifilament PP

Meski dinilai mahal dalam segi pengadaan, tali multifilament PP dianggap sangat kuat sebagai tali tambat kapal di dermaga. Breaking load tali jenis ini sangat maksimal dalam kondisi cuaca apapun. Namun disayangkan sekali tali jenis multifilament memang menyerap air. Sehingga mudah sekali berkarat, tidak kuat dalam menahan goncangan dan nampak berat digunakan.

Tali Manila

Sistem penambatan kapal yang sederhana masih memakai jenis tali manila. Dianggap sebagai salah stau media tambatan kapal yang ideal, murah namun kuat menopang kapal dalam ukuran kecil. Sehingga jenis tali ini masih sangat umum ditemukan pada dermaga lokal di Indonesia.

Itulah sejumlah tali spring kapal yang sebagian besar digunakan pada area dermaga. Tentukan pengadaan jenis tali sesuai dengan kegunaannya. Jangan lupa pilih produk terbaik dari distributor resminya.